Kuasai 3 Konsep Sistem Informasi agar Mahir di Ilmu Sains dan Teknologi - Baca Buku Bisnis

Rabu, 13 November 2019

Kuasai 3 Konsep Sistem Informasi agar Mahir di Ilmu Sains dan Teknologi

Kuasai 3 Konsep Sistem Informasi - Industri 4.0 tentu menjadi tantangan. Kenapa? Karena belum semua orang mampu menguasai teknologi dan sistem informasi yang benar dan tepat. Ironisnya, banyak yang belum tahu tentang apa itu arti konsep dasar sistem ? 

Buku berjudul Konsep dasar informasi yang ditulis oleh Jeperson Hutahean merupakan himpunan suatu benda nyata atau abstrak yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, saling mendukung, yang secara keselurhan bersatu dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif. 

Konsep Sistem Informasi
Konsep Sistem Informasi

Buku ini cocok bagi mahasiswa yang memang berkecimpung didunia teknologi informasi. Sebenarnya tidak hanya cocok untuk mahasiswa, tetapi siapapun, orang umum pun juga bisa menikmatinya. Prinsipnya adalah, siapapun yang memang ingin belajar ilmu baru. Boleh. Apalagi buku ini sangat mendukung kamu lebih mandiri, dan tentunya lebih tahu banyak hal. 

Buku sains dan teknologi tentang konsep sistem informasi ini juga menyinggung tentang sistem informasi manajemen. Pentingnya ilmu sistem informasi menyinggung dan mengulas tentang apa itu karakteristik sistem yang baik. Tertarik membahas apa saja? Berikut hanya sebagian kecil review yang bisa Anda intip. 

Konsep Sistem Informasi

Berbicara tentang konsep sistem informasi yang baik meliputi beberapa karakteristik, diantarannya sebagai berikut. 

1. Komponen – Konsep Sistem Informasi
Di dalam komponen, sistem informasi adalah sejumlah komponen yang saling berinteraksi. Dimana dapat diartikan sebagai ajang saling bekerjasama membentuk satu kesatuan. Komponen sistem  terdiri dari komponen yang berupa subsistem atau bagian dari sistem.

2. Batasan sistem  - Konsep Sistem Informasi
Batasan sistem  merupakan daerah yang membatasi antara sistem  satu dengan sistem  lain. Batasan sistem  ini memungkinkan suatu sistem  dipandang sebagai suatu kesatuan. Batasan suatu sistem  menunjukan ruang lingkup dari sistem  tersebut. 

3. Lingkungan luar sistem  - Konsep Sistem Informasi
Adalah luar batas dari sistem  yang mempengaruhi operasi sistem . Lingkungan dapat bersifat menguntungkan yang harus tetap dijaga dan yang merugikan yang harus dijaga dan dikendalikan, kalau tidak akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem .

4. Penghubung Sistem (Interface) - Konsep Sistem Informasi
Penghubung sistem  merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Ingerface inilah yang digunakan untuk penghubung, yang nantinya akan mengeluaran output dai subsistem akan mnjadi input untuk subsistem lain yang lewat jalur penghubung. 

5. Masukkan sistem  (Input) - Konsep Sistem Informasi
Masukkan adalah energy yang dimasukan ke dalam sistem . Yang dapat berupa perawatan dan memasukan sinyal. Maintenance input dapat dikatakan sebagai energy yang dimasukkan agar sistem  dapat beroperasi. Dikatakan sebagai signal input sebagai energy yang yang diproses untuk mendapatkan keluaran

6. Keluaran sistem  (output) - Konsep Sistem Informasi
Keluaran sistem  adalah hasil dari energy yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan.

7. Pengolahan Sistem - Konsep Sistem Informasi
Pengelolaan sistem  produksi akan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi, sistem  akuntansi akan mengolah data menjadi laporan keuangan. Pengelolaan sistem  juga dapat digunakan untuk menjadi bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran. 

8. Sasaran sistem  - Konsep Sistem Informasi
Suatu sistem  pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Sasaran dari sistem  sangat menentukan input yang dibutuhkan sistem  dan keluaran yang akan dihasilkan sistem.

Jeperson Hutahean dalam bukunya, juga mengulas tentang konsep sistem  informasi. Buku ajar ini pun membagi menjadi enam blok. Diantarannya adalah blok masukan, blok model, blok keluaran, blok teknologi, blok basis data dan blok kendali. Apa saja masing-masing ulasan di atas? Anda bisa membacanya, karena di sana juga dijelaskan secara lengkap dan detail.

Buku setebal 124 halaman ini juga mengulas sistem bilangan. Di halaman 27 misalnya, ada beberapa macam desimal, biner, octal atau hexadecimal. Berbicara tentang sistem  bilangan, muncul karena komputer melakukan operasi menggunakan sistem bilangan tertentu, biasannya sistem biner. 

Pengenalan Singkat tentang Konsep Sistem Informasi

Sistem adalah sekumpulan elemen yang saling terkait atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan (Kadir, 2014). Kata sistem sendiri berasal dari Bahasa latin (Systema) dan bahasa Yunani (sustema) yang berarti sebuah kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Dalam sebuah sistem setiap elemen atau komponen harus saling memberikan manfaat demi tercapainya tujuan dari sistem itu sendiri. Jika dalam sebuah sistem terdapat komponen atau elemen yang tidak memberikan manfaat dalam mencapai tujuan, maka elemen atau komponen tersebut bukan bagian dari sistem.

Sistem tidak dapat bekerja dengan satu bagian saja, sehingga kolaborasi dari seluruh elemen dan sub sistem sangat diperlukan. Setiap elemen memiliki mekanisme dan fungsi sendiri. Dengan kolaborasi bersama maka sebuah sistem dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Sistem sendiri dapat berupa abstrak (tidak terlihat) atau komponen nyata (nampak). 

Karena sistem merupakan alat yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan, bahkan sistem bisa juga menjadi tujuan itu sendiri. Sebuah sistem tidak bisa berdiri sendiri, sehingga perlu dibuat dengan diawali sebuah perencanaan yang baik, agar mampu mencapai tujuannya.

Kesimpulan Konsep Sistem Informasi

Jadi, prinsipnya adalah semua kode program dan data disimpan dan dimanipulasi menggunakan sistem  biner. Terkait dengan perhitungannya, dapat dilakukan dengan menggunakan aritmatika biner. Setidaknya di dalam buku ini juga dipaparkan perhitungan aritmatika dalam berbagi sistem  bilangan, dan dibuku ini diulas tuntas semuanya di sini. 

Agar terjadi keseimbangan, tidak hanya mempelajari desimal saja. Buku konsep sistem  informasi ini akan mengulas juga tentang basis data. Dimana basis data ini mengulas sistem  program komputer untuk aplikasi diberbagai komputer. Dalam basis data dibutuhkan suatu media simpan komputer yang terorganisir sedemikian rupa dan juga pemeliharaan data baik dalam fungsi manajemen sistem. 

Di dalam buku ini juga tunjukan beberapa rujukan basis data, yaitu terdapat himpunan kelompok data yang terintegrasi, kumpulan data yang disimpan secara redudansi, kumpulan file dan berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis.

Buku ini dapat didapatkan di sini. Buku ini sangat direkomendasikan, karena akan membantu Anda memahami tentang apa itu sistem  informasi. Kelebihan buku ini mudah untuk dibaca dan dipahami. Semoga ulasan dan pemaparan ini bermanfaat. 

Semoga pula, dengan pemaparan di sini, kamu bisa lebih praktis ketika hendak membeli. Karena tinggal pencet dan pesan. Barang akan diantarkan oleh ekspedisi pengiriman. Selamat belajar dan semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar: