(Review) Buku Marketing Public Relations - Baca Buku Bisnis

Senin, 21 Oktober 2019

(Review) Buku Marketing Public Relations

Buku Marketing Public Relations - Bagi Anda seorang mahasiswa komunikasi, pasti Anda sering mendengar apa itu public relations. Atau mungkin Anda salah satu mahasiswa yang mendambakan ingin menjadi menjadi public relations sebagai profesi pekerjaan nantinya. 

Bagi yang sudah tahu pekerjaan PR, pasti tahu bahwa pekerjaan ini sangatlah menarik bagi mereka. Tapi menariknya pekerjaan PR, sebenarnya tidak seindah yang dibayangkan. Tanggungjawab seorang PR itu bekerja selama 24 jam setiap hari. Kelebihannya pun jelas, mereka memiliki relasi yang luas. 
Barangkali masih ada yang belum tahu dan binggung, apa sih tugas seorang PR? Mungkin tugas seorang PR era dulu sama sekarang mengalami perbedaan. 

Review buku marketing public relations
Review buku marketing public relations
Tetapi prinsip tugasnya seorang public relations masih sama. Yaitu membangun citra dan menciptakan mutual understanding. Jadi tugas seorang PR adalah mengelola opini public. Di dalam jurnalistik ada istilah framing, atau mengarahkan pembaca, nah begitupun dengan public relations juga mengarahkan. 

Tidak hanya itu, seorang marketing public relations juga dapat bekerja sebagai penerjemah keinginan public pada perusahaan atau sebaliknya. Mungkin terjadi sedikit perubahan ritme kerja seorang PR dulu dan sekarang. Sekarang, seorang PR secara teknologi lebih canggih dan memudahkan kerja. Tapi sebenarnya mereka juga harus menemukan formula. 

Kini bekerja mengandalkan komunikasi mengalami banyak perubahan. Di era teknologi yang semakin canggih, tentunya ini sangat penting. Karena dengan kecanggihan yang sekarang tersedia semakin memudahkan dalam menyampaikan informasi, dengan prinsip two ways communication yang harus real time. 

Bagi kamu yang memang tertarik ingin mempelajari tentang PR, karya Dini Salmiyah Fitrhrah Ali menyusun dalam bentuk buku. Judul buku tersebut adalah Marketing public relation, diantara penjualan dan pencitraan. Buku terbitan penerbit Deepublish ini tidak hanya mengulas marketing dengan paradigmanya saja, tetapi juga mengulas tentang ruang lingkup pekerjaan corporate communications atau public relations. 

Barangkali Anda juga yang belum tahu, apa sih PR itu, buku karya Dini Salmiyah Fitrhrah Ali juga menjelaskan secara jelas. Misal di bab peranan dan kontribusi marketing public dijelaskan bahwa tugas seorang PR adalah menyampaikan komunikasi pemasaraan sebagai proses penyampaian nilai melalui komunikasi dari pihak pemilik. Nilai dalam hal ini bisa juga disebut dengan selling point, yang nantinya dijadikan sebagai poin fokus. 

Sebagai data tambahan, bahwa PR masuk kebagian marketing communications. Sebagai bagian komunikasi marketing, maka wajar saja jika tugasnya adalah mempromosikan produk barang/jasa kepada konsumen, disertai dengan menerima pesan perusahaan melalui kegiatan komunikasi. 
Lalu apa sih hubungannya Public Relation dengan jualan dan pencitraan? Jadi ketiga hal itu ada kesamaan dan ada ulasannya masing-masing. Tertarik ingin membaca lebih lanjut, bisa membeli langsung ke penerbit buku Deepublish. 

Nah, khusus bagi kamu yang ingin tahu lebih dalam tentang seluk beluk tentang Marketing Public Relations, Anda hanya cukup banyak membaca. Salah satunya buku ini. Tentunya, dengan mempelajari tanggungjawab dan cara menjadi PR, Anda pun jadi tahu tentang apa dan bagaimana sih cara mengelola komunikasi untuk memotivasi pembeli, konsumen, masyarakat hingga bagaimana cara membangun kepuasan pelanggan. 

Tidak ada komentar: