Kuasai Animasi 2D Agar Menjadi Animator Handal, Baca Buku Ini ! - Baca Buku Bisnis

Selasa, 10 Desember 2019

Kuasai Animasi 2D Agar Menjadi Animator Handal, Baca Buku Ini !

Beli Paket Lengkap Menguasai Animasi 2D Agar Menjadi Animator Andal - Siapa sih yang tidak tahu tentang animasi 2D. Pasti sebagian besar akan menjawab tahu, terutama buat kamu yang ingin menjadi seorang animotor. Animasi 2D masuk ke dalam ranah multimedia. Multimedia itu sendiri dapat diartikan sebagai penggabungan dari beberapa media yang berlainan dalam sebuah program interaktif. Di dalam buku paket lengkap menguasai animasi 2D ini akan mengajak kamu mempelajari bagaimana menggunakan aplikasi 2D. 

Buku karya Sopingi dikemas menjadi buku ajar, sehingga buku ini hanya diperuntukan untuk mahasiswa yang mengambil fokus 2D. Jadi buku ini akan memperkenalkan software gratis yang berbasis vector, yang digunakan untuk membuat multimedia. Software gratis ini adalah corel draw. Buku paket lengkap menguasai animasi 2D ini tidak hanya fokus pada coreldraw memang. Tetapi lebih fokus ke cara pembuatan dan pengaplikasian.

Kembali ke CorelDraw, barangkali masih ada yang belum paham, jadi software desain ini bisa digunakan untuk mengolah gambar berbasis vector. Setidaknya, disini berbagai fasilitas untuk mendesain tersedia. Jadi wajar jika software ini memudahkan pengguna. Adapun kelebihan menggunakan software CorelDraw, yaitu ukuran hasil akhir dapat ditekan seminimal mungkin, namun kualitasnya tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap. Langsung saja, isi paket lengkap menguasai animasi 2D apa saja sih? Berikut cuplikan seputar dunia 2D yang sesuai dengan yang sedang kamu cari-cari. 

kuasai animasi 2D
kuasai animasi 2D

Memperkenalkan Symbol Flash – Paket Lengkap Menguasai Animasi 2D

Kalo Cuma membuat vector, kamu pasti sudah bisa. Nah, jika sudah menguasai membuat vector, buku ini akan mengajak kamu menjelaskan bagaiman membuat symbol flash. Jadi disini kamu akan diperkenalkan dengan symbol yang digunakan dalam animasi flash apa saja. Setidaknya ada tiga symbol. Ketiga symbol tersebut meliputi symbol graphic, symbol MovieClip dan symbol Button. 

Simbol graphic adalah gambar statis yang digunakan beruangkali dalam pembuatan animasi. Suara dan animasi yang disimpan dalam bentuk graphic tidak akan berjalan. Sedangkan symbol MovieClip adalah gambar dinamis yang dapat digunakan berulangkali dalam pembuatan animasi. Suara dan animasi yang tersimpan dapat berjalan secara terus menerus. Menariknya, di MovieClip ini juga dapat berubah gabungan movieclip, button dan graphic. Terakhir adalah symbol button, sebuah tombol yang interaktif untuk menanggapi dari aktivitas mouse seperti mouse clicks.

Dasar Animasi Flash – Paket Lengkap Menguasai Animasi 2D

Saat mempelajari animasi flash, kamu akan diperkenalkan dengan teknik animasi dasar. Barulah kamu nantinya akan diajar membuat animasi yang digunakan untuk pembuatan multimedia. Di sini kamu akan mempelajari tiga teknik. Pertama teknik animasi classic tween, teknik animasi motion tween dan teknik animasi shape tween. 

Sedikit menyinggung tentang animasi flash, membagi panjang waktu menjadi frame. Jadi di sini kamu bisa mengatur dan mengendalikan isi dokumen kamu. Kamu bisa menempatkan frame dalam timeline dalam urutan sesuai dengan yang diinginkan. 

Sekedar cuplikan, di sana kita akan berkenalan dengan kayframe, motion tween, shape tween, classic tween dan motion guide. Misal kayframe, adalah penanda perubhan objek yang terjadi dalam timeline. Sedangkan motion tween adalah teknik animasi yang menggunakan dua titik yang berbeda. Sedangkan classic tween adalah teknik animasi yang menggunakan dua titik yang berbeda, misal yang mengatur perpindahan posisi animasi dari rotasi, ukuran hingga transparent. 

Membuat Animasi Linier – Paket Lengkap Menguasai Animasi 2D

Di bab lain, buku paket lengkap menguasai animasi 2D juga akan mengajak kamu berkenalan dengan animasi linear yang menggunakan symbol graphic dan movieclip. Jadi, animasi linear ini adalah animasi yang paling dasar untuk pengembangan animasi interaksi. Di dalam tema ini, kamu akan mempelajari empat materi, seperti bagaimana cara mengimport material ke dalam library flash dan kamu juga akan belajar caar membuat symbol movie clip. 

Tidak sekedar itu, di bab animasi linier kamu akan belajar dan mengenal bagaimana cara membuat animasi menggunakan classic tween. Di bab terakhir, juga kamu akan diajarkan bagaimana menggabungkan movieclip ke dalam scene 1 dan scine selanjutnya. Dijamin, kamu akan semakin mahir menerapkan buku paket langkap menguasai animasi 2D ini. 

Event Handling Button – Paket Lengkap Menguasai Animasi 2D

Setelah mempelajari banyak hal, di bab handling button kamu akan membuat tombol menggunakan actionscript 3.0. Kamu juga akan mempelajari bagaimana membuat tombol dan bagaimana cara menambahkan event listener pada tombol. Barangkali di sini ada yang belum tahu apa itu actionScript? Action script merupakan bahasa pemprograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript. Umumnya digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform adobe flash player dan alpha five. 

Buku paket lengkap menguasai animasi 2D di bab button akan memaparkan beberapa perangkat yang mengontrol event pada tombol. Setidaknya ada banyak sekali tombol, diantarannya ketika mous diketik, ketika event mouse diklik dua klai dan ketika event scroll digerakan dan kursor melintasi symbol. Nah, ada banyak ulasan lain, yang hanya bisa di lihat di dalam bukunya langsung.

Keempat ulasan tentang buku paket lengkap menguasai animasi 2D apakah sesuai dengan materi yang sedang kamu pelajari? Buat kamu yang ingin mendapatkan koleksi bukunya, bisa dapatkan di Deepbulish. Semoga bermanfaat, dan menjadi bisa menjadi seorang animator 2D handal.

Tidak ada komentar: